Nyeri Pada Jempol Tangan

Nyeri Pada Jempol Tangan

Nyeri Pada Jempol Tangan, De Quervain Mungkin Penyebabnya

De Quervain tendinosis/tenosynovitis ialah infeksi atau bengkak tendon dan merasa nyeri pada ibu jemari atau jempol tangan atau dan selubungnya, yang berada disamping pergelangan tangan di pangkal ibu jemari tangan. Abnormalitas ini kerap dikenal juga selaku gamer’s thumb, Blackberry thumb.

Tendon ialah ujung-ujung otot yang berupa pita dan terbagi dalam serat kolagen, yang menempelkan otot ke tulang. Tendon salurkan style yang dibuat oleh kontraksi otot ke tulang.

Baca Juga: Normalnya, kita kentut sekitar 5-15 kali setiap hari

Tendon tidak mempunyai kekuatan kontraksi seperti otot, tapi bisa memanjang (meregang). Rutinitas berulang-ulang yang memacu munculnya pengenduran terlalu berlebih bisa mengakibatkan kerusakan atau permasalahan pada tendon dan selubungnya.

Pada gamer’s thumb, tendon yang terjebak ialah tendon dari otot ekstensor policis brevis (EPB) dan otot abduktor policis longus (APL) yang berperan untuk gerakkan ibu jemari menjauhi dari dan dekati telapak tangan.

Ke-2 tendon berjalan berdampingan pada segi pergelangan tangan di pangkal ibu jemari tangan melalui satu terowongan yang berperan selaku pemegang. Tendon tertutupi oleh susunan jaringan lunak licin tipis, disebutkan sinovium.

Susunan ini memungkinkannya tendon untuk melaju dengan gampang lewat terowongan yang dilapis dengan susunan licin yang disebutkan tenosynovium. Infeksi tendon dan bengkak tendon dan selubung tenosynovium, dikatakan sebagai tenosynovitis.

PENYEBAB DE QUERVAIN TENDINOSIS/TENOSYNOVITIS

Pemicu tentu dari De Quervain tendinosis/tenosynovitis atau gamer’s thumb tidak dikenali.

Tetapi tiap aktivitas yang memercayakan pergerakan tangan berulang-ulang atau pergerakan pergelangan tangan, seperti bekerja di kebun, bermain golf atau mengusung raket atau menggendong bayi, barang bawaan, dan lain-lain, akan mengakibatkan tendon bergerak masuk keluar melalui terowongan (selubung tenosynovium) berkali-kali.

Kenaikan gesekan ini kemungkinan membuat iritasi dan memacu berlangsungnya infeksi tendon dan bengkak tendon atau susunan tenosynovium.

Pemicu De Quervain tendinosis/tenosynovitis lainnya, mencakup:

  • Cedera langsung yang berkenaan pergelangan tangan atau tendon, bisa memacu berlangsungnya jaringan parut dan pada akhirnya bisa batasi gerakan tendon.
  • Penyakit arthritis inflamasi, seperti rheumatoid arthritis, bisa mengakibatkan berlangsungnya tenosynovitis di tempat itu.
  • Orang yang berumur 30 sampai 50 tahun mempunyai resiko semakin tinggi terserang De Quervain tenosynovitis dibandingkan barisan umur yang lain.
  • Kondisi ini seringkali berlangsung pada wanita dibanding pria, dengan perbedaan ± 8:1 dan kemungkinan terkait dengan kehamilan.

Pekerjaan rumah tangga yang menyertakan pemakaian ibu jemari dan pergelangan tangan, seperti waktu mengusung anak, membersihkan baju, dan lain-lain, dapat dihubungkan dengan keadaan itu.

  • Pekerjaan atau hoby yang menyertakan gerakan tangan dan pergelangan tangan berkali-kali dapat berperan pada berlangsungnya De Quervain tenosynovitis atau gamer’s thumb

Saat sedang asyik menulis atau menulis di handphone, mendadak jempol tangan sangat terasa ngilu. Rasa-rasanya demikian sakit sampai mengusik rutinitas. Pernah rasakan keadaan itu?

Dari bermacam peluang pemicu, kamu pantas curigai sindrom de Quervain (de Quervain’s syndrome atau de Quervain’s tenosynovitis). Hmm… artinya kedengar asing, walau sebenarnya kemungkinan kamu kerap merasakannya. Ingin ketahui semakin banyak mengenai keadaan ini? Baca keterangan berikut ini secara cermat, ya!

  1. Apakah itu De Quervain’s Syndrome?

Berdasar laporan dalam jurnal Current Ulasans in Musculoskeletal Medicine, sindrom de Quervain’s ialah ngilu pergelangan tangan segi ibu jemari karena inflamasi tendon otot di bagian itu.

Di seputar ibu jemari, ada tendon otot abductor pollicis longus (APL) dan otot extensor pollicis brevis (EPB). Otot-otot itu berperan untuk gerakkan ibu jemari. Saat tendon otot itu alami radang, karena itu muncul ngilu dan lebam pada pergelangan tangan seputar ibu jemari. Biasanya, ngilu bertambah berat karena pergerakan ibu jemari, pergerakan memegang, dan pergerakan pergelangan tangan menuju segi kelingking.

  1. Masalah ini karena pergerakan pergelangan tangan dan ibu jemari yang berulang-ulang

Walau pemicu tentu masalah ini belum juga tahu, sindrom de Quervain sudah disambungkan dengan degradasi tendon otot EPB dan APL, dibarengi pembangunan jaringan parut dan kenaikan supply darah yang memacu infeksi. Ini menyebabkan penebalan selubung tendon, mendesak tendon otot EPB dan APL, hingga memunculkan ngilu yang menyakitkan.

Keadaan ini berkaitan dengan pergerakan pergelangan tangan yang berulang-ulang, terutamanya pergerakan ibu jemari dan pergerakan pergelangan tangan menuju segi ibu jemari.

Laporan dalam Journal of Orthopaedic dan Sports Physical Terapi mengatakan, pergerakan pergelangan tangan seperti mencekram, memegang, mengepal, mencubit, atau meremas benda secara berkali-kali bisa mengakibatkan infeksi pada tendon dan selubung tendon dan kebatasan gerak tendon.

Bila tidak diobati, infeksi dan persempitan progresif (stenosis) pada tendon ibu jemari bisa mengakibatkan jaringan parut yang makin batasi pergerakan ibu jemari.

  1. Siapa yang kerap merasakannya?

Pada suatu studi yang disampaikan dalam jurnal BMC Musculoskeletal Disorder, diprediksi seputar 0,5 % lelaki dan 1,3 % wanita alami masalah ini.

Umumnya pasien berumur 40-an dan 50-an. Beberapa orang dengan kisah ngilu pada siku karena radang tendon beresiko diserang. Sindrom de Quervain kerap disampaikan berlangsung pada wanita yang baru melahirkan dan pengasuh anak.

Disamping itu, ada banyak sektor pekerjaan yang beresiko alami masalah ini, misalkan pegolf, petenis, pemicu, tukang kayu, karyawan kantoran, musikus, sampai pelajar yang kerap menulis tangan. Ini sebab mereka kerap memakai pergelangan tangan terlalu berlebih, hingga dapat diserang luka akut ini.

Disamping itu, rutinitas memakai hp dengan status yang tidak betul dapat mengakibatkan masalah ini.

  1. Ngilu pergelangan tangan terhitung keluh kesah khusus penyakit ini

Menurut satu riset dalam Journal of Orthopaedic dan Sports Physical Terapi, gejala-gejala yang diakibatkan pada sindrom de Quervain diantaranya:

  • Nyeri pergelangan tangan disamping ibu jemari, menyebar ke lengan bawah waktu pergerakan memegang atau mengusung ibu jemari
  • Nyeri pada jempol tangan berasa sakit, terbakar, dan ada kesan tarikan yang terus-terusan
  • Nyeri lebih buruk dengan pergerakan tangan yang berkali-kali, seperti mengusung, mencekram, atau memutar
  • Bengkak pada pangkal ibu jemari disamping punggung tangan
  • Nyeri pencet pada pergelangan tangan segi ibu jemari
  • Kemampuan gerak ibu jemari turun
  • Teraba penebalan dari selubung tendon di pangkal ibu jemari disamping punggung tangan
  • Terdapat bunyi (krepitasi) waktu tendon ibu jemari di gerakkan

Nah, jika kalian rasakan gejala-gejala di atas, karena itu selekasnya kerjakan pengatasan supaya ngilu tidak berubah kronis dan bisa kembali lagi melakukan aktivitas seperti sebelumnya.

  1. Langkah mengatasinya dapat dikerjakan sendiri di dalam rumah

Sama dengan ngilu umumnya, langkah mengatasinya lumayan sederhana sepanjang cepat diatasi. Diambil dari Mayo Clinic, langkah-langkah pengatasan awalnya berikut ini bisa dikerjakan untuk menurunkan ngilu karena de Quervain’s syndrome, yakni:

  • Istirahatkan ibu jemari dan pergelangan tangan
  • Posisikan ibu jemari dan pergelangan tangan masih lempeng dengan belat kain atau brace pergelangan tangan
  • Sebisa kemungkinan jauhi pergerakan ibu jemari yang berulang-ulang
  • Letakkan es pada tempat merasa ngilu.
  • Pemijatan halus dan latihan ibu jemari enteng
  • Bila ngilu demikian kronis, minum obat penurun ngilu seperti ibuprofen

Tetapi, bila tanda-tanda belum berkurang sesudah lakukan beberapa langkah di atas, seharusnya berobat ke dokter. Biasanya, dokter akan bertanya banyak hal berkaitan tanda-tanda dan aktivitas setiap hari, lalu lakukan pengecekan fisik.

Untuk menolong menegakkan analisis, dokter akan lakukan test Finkelstein, yakni ibu jemari ditekuk dan digenggam dalam kepalan tangan, lalu pasien gerakkan pergelangan tangan supaya mengenali ada atau tidaknya ngilu di pergelangan tangan.

Pengatasan sindrom de Quervain secara klinis juga bermacam, mulai injeksi obat sampai bedah bergantung keadaan pasien.

Begitu info sekitar sindrom de Quervain, ngilu ibu jemari yang mengusik rutinitas setiap hari, yang mencakup pemahaman, tanda-tanda, pemicu, analisis, dan langkah pengatasannya. Untuk menahan masalah ini, jauhi memakai ibu jemari terlalu berlebih, ya.