Tentang Kami

Info SehatTentang situs Info Sehat ini dibuat untuk memberikan tips kepada pembaca tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan atau menambah kegiatan dalam hidup mereka untuk memiliki gaya hidup sehat. Hal tersebut tidak dimaksudkan untuk mencakup semua tetapi akan mencakup komponen utama yang dianggap sebagai bagian dari gaya hidup yang mengarah pada kesehatan yang baik.

Selain tips tentang apa yang harus dilakukan orang untuk hidup sehat, artikel ini akan menyebutkan beberapa tips tentang menghindari tindakan (yang tidak boleh) yang mengarah pada hidup tidak sehat. “Hidup sehat” bagi kebanyakan orang berarti kesehatan fisik dan mental berada dalam keseimbangan atau berfungsi dengan baik bersama-sama dalam diri seseorang.

Dalam banyak kasus, kesehatan fisik dan mental terkait erat, sehingga perubahan (baik atau buruk) dalam satu hal secara langsung mempengaruhi yang lain. Akibatnya, beberapa tip akan mencakup saran untuk “hidup sehat” emosional dan mental.

Tentang situs lengkap Info Sehat

Makan sehat (diet dan nutrisi)

Semua manusia harus makan makanan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh yang sehat, tetapi kita manusia memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda seperti bayi, anak-anak (anak), remaja, dewasa muda, dewasa, dan manula.

Misalnya, bayi mungkin perlu diberi makan setiap 4 jam sampai mereka secara bertahap menua dan mulai makan lebih banyak makanan padat. Akhirnya mereka berkembang menjadi pola makan yang lebih normal tiga kali sehari sebagai anak-anak.

Namun, seperti yang diketahui kebanyakan orang tua, anak-anak, remaja, dan dewasa muda sering mengemil di antara waktu makan. Ngemil seringkali tidak terbatas pada kelompok usia ini karena orang dewasa dan manula sering melakukan hal yang sama.

Tips:

  • Makan tiga kali sehari dengan makanan sehat (sarapan, makan siang, dan makan malam); Penting untuk diingat bahwa makan malam tidak harus menjadi makanan terbesar.
  • Sebagian besar konsumsi makanan harus terdiri dari makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.
    3Masukkan daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, telur, dan kacang-kacangan (dengan penekanan pada kacang-kacangan dan kacang-kacangan) ke dalam diet sehat.
  • Pilih makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam (natrium), dan gula tambahan; lihat labelnya karena item pertama yang tercantum pada label terdiri dari konsentrasi bahan tertinggi.
  • Kontrol ukuran porsi; makan porsi terkecil yang bisa memuaskan rasa lapar dan kemudian berhenti makan.
  • Camilan sehat tidak apa-apa dan harus terdiri dari item seperti buah, biji-bijian, atau kacang-kacangan untuk memuaskan rasa lapar dan tidak menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan.
  • Hindari soda dan minuman yang mengandung gula karena kalori yang berlebihan dalam minuman soda dan gula; minuman diet mungkin bukan pilihan yang baik karena membuat beberapa orang lebih lapar dan meningkatkan konsumsi makanan.
  • Hindari makan besar sebelum tidur untuk mengurangi refluks gastroesofageal dan penambahan berat badan.
  • Jika seseorang marah atau depresi, makan tidak akan menyelesaikan situasi ini dan dapat memperburuk masalah yang mendasarinya.
  • Hindari menghadiahi anak-anak dengan camilan manis; pola seperti itu bisa menjadi kebiasaan seumur hidup bagi orang-orang.
  • Hindari makanan berat di bulan-bulan musim panas, terutama selama hari-hari panas.
Tips Lainnya
  • Gaya hidup vegetarian telah dipromosikan untuk gaya hidup sehat dan penurunan berat badan; vegetarian harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan mereka mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan zat besi dalam makanan mereka.
  • Memasak makanan (di atas 165 F) menghancurkan sebagian besar bakteri berbahaya dan patogen lainnya; jika Anda memilih untuk makan makanan mentah seperti buah-buahan atau sayuran, mereka harus dicuci bersih dengan air keran yang sudah diolah (aman untuk diminum) tepat sebelum makan.
  • Hindari makan daging mentah atau setengah matang dari jenis apa pun.

Aktivitas fisik dan olahraga

Aktivitas fisik dan olahraga merupakan penyumbang utama gaya hidup sehat; orang dibuat untuk menggunakan tubuh mereka, dan tidak digunakan mengarah pada hidup yang tidak sehat. Hidup tidak sehat dapat memanifestasikan dirinya dalam obesitas, kelemahan, kurangnya daya tahan, dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan yang dapat mendorong perkembangan penyakit.

Tips:

  • Olahraga teratur dapat mencegah dan membalikkan penurunan massa dan kekuatan otot terkait usia, meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan daya tahan, serta mengurangi risiko jatuh pada orang tua. Dan Olahraga teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Olahraga menahan beban secara teratur juga dapat membantu mencegah osteoporosis dengan membangun kekuatan tulang.
  • Kebugaran teratur dapat membantu penderita radang sendi kronis meningkatkan kapasitas mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengemudi, menaiki tangga, dan membuka stoples.
  • Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesehatan mental secara umum.
  • Olahraga teratur dapat membantu mengontrol berat badan dan pada beberapa orang menyebabkan hilangnya lemak.
  • Tiga puluh menit olahraga ringan (berjalan tidak apa-apa) disarankan setidaknya 3 hingga 5 hari seminggu. Tetapi manfaat kesehatan terbesar datang dari berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu.
  • Latihan dapat dipecah menjadi sesi 10 menit yang lebih kecil.
  • Mulai perlahan dan maju secara bertahap untuk menghindari cedera atau rasa sakit atau kelelahan yang berlebihan. Seiring waktu, bangun hingga 30 hingga 60 menit olahraga sedang hingga berat setiap hari.
  • Orang tidak pernah terlalu tua untuk mulai berolahraga. Bahkan yang lemah, individu lanjut usia (70-90 tahun) dapat meningkatkan kekuatan dan keseimbangan mereka dengan olahraga.
  • Hampir semua jenis olahraga (resistensi, aerobik air, berjalan, berenang, angkat beban, yoga, dan banyak lainnya) bermanfaat bagi semua orang.
  • Anak-anak membutuhkan olahraga; bermain di luar rumah adalah awal yang baik.
Tips Lainnya
  • Olahraga untuk anak-anak dapat memberikan kesempatan yang sangat baik untuk berolahraga. Tetapi harus berhati-hati untuk tidak melakukan olahraga tertentu secara berlebihan.
  • Pengerahan tenaga selama latihan berat dapat membuat seseorang lelah dan sakit, tetapi jika rasa sakit terjadi, hentikan latihan sampai sumber rasa sakit ditemukan; orang tersebut mungkin perlu mencari bantuan medis dan nasihat tentang kelanjutan latihan tersebut.